Kamis, 02 Desember 2010

Pemanfaatan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Dewasa ini paradigma pendidikan tengah mengalami perubahan besar. Berbagai usaha telah dilakukan pemerintah dan pihak terkait untuk mengatasi berbagai masalah pendidikan itu sendiri, baik dengan membenahi pola-pola pembelajaran yang kurang sesuai,  merubah kurukulum,  dan  lain-lain, hal iitu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Salah satu permasalahan nyata yang ditemui dalam suatu pembelajaran adalah pada hasil atau outcome dari pendidikan itu sendiri. Banyak siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya hanya memiliki kemampuan sebatas pengetahuan saja. Sedangkan aplikasi yang sebenarnya  yang  lebih utama tidak dimiliki.
Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti guru tidak memperhatikan karakterristis anak didiknya dalam menyusun rencana pembelajara, gurur kurang melibatkan siswa secara aktif  dalam pembelajaran, penggunaan strategi pembelajaran kurang tepat, dan lain sebagainya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan outcome yang mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki, yaitu guru mesti memperhatikan kebutuhan dan karakter anak didiknya serta menentukan model pembelajaran yang tepat.
Seorang guru harus dapat memilih model pembelajaran yang tepat, karena model pembelajaran yang hanya menumpukkan sejumlah pengetahuan tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengalaman belajar secara langsung, akan berdampak pada kurang bermaknanya pengetahuan yang dimiliki siswa. Hal inilah yang menyebabkan outcome pendidikan itu menjadi kurang bermutu. Oleh karena itu seorang guru harus mampu melih model pemebelajaran yang inovatif yang mampu siswa  terlibat aktif dalam pembelajaran dan mampu mengaplikasikan pembelajaran yang di dapatnya sehinnga pembelajaran akan menjadi lebih bermakana , dan dapat mecapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sehingga dapat menghasilkan outcome yang bermutu.
Berikut beberapa contoh model-model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran seperti:
  1. Model Pembelajaran Kontektual/ Contextual Teaching and Learning (CTL)
  2. Model Pembelajaran Kooperatif
  3. Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ Problem Based Learning (PBL)
  4. Model Pembelajaran Quantum
  5. Model Pembelajaran Accelerated Learning
  6. Model Pembelajaran Inqiry 
  7. Model Pembelajaran Berbasis Komputer
  8. dan lain-lain...
Masih banyak lagi model-model pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan outcome yang bermutu pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar