Kamis, 18 November 2010

PENILIAN PORTOPOLIO


PENILAIAN PORTOFOLIO

1.             Pengertian Portofolio
Portopolio adalah sekumpulan data/informasi tentang peserta didik dalam pembelajaran yang berupa hasil karya siswa atau catatan mengenai siswa baik dokumen fisik (seperti hasil ulangan, tugas) ataupun tidak berupa fisik (seperti membaca puisi) yang didokumentasikan secara baik dan teratur yang dapat digunakan sebagai bukti-bukti kemajuan siswa atau kelompok siswa, bukti prestasi, keterampilan, dan sikap siswa yang dilakukan secara sistematis.
2.             Tujuan Portofolio
Penilaian portofolio bertujuan sebagai alat penilain formatif maupun sumatif. Portofoli sebagai alat penilaian formatif digunakan untuk memantau kemajuan peserta didik belajar dari hari ke hari sekaligus mendeteksi kemungkinan terjadinya kesulitan belajar. Selain itu, juga bertujuan memantau peserta didik dalam meningkatkan pencapaian kompetensi dan indikator keberhasilan belajar.
Menurut Slater (1997) dalam Susriyati Mahanal (2007), penyusunan portofolio bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan bukti tentang apa yang telah dikuasai oleh siswa. Jadi dalam hal ini portofolio dikembangkan siswa bertujuan untuk memberikan bukti kepada guru bahwa siswa telah menguasai tujuan suatu pembelajaran.
Selengkapnya artikel PENILAIAN PORTOPOLIO download disini.

Sumber:
              . 2003. Pedoman Pengembangan Portofolio untuk Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Yus, Anita. 2006. Penilaiian Portofolio untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.
Sudaryono. 2009. Klinik Pendidikan: Arti dan Fungsi Portofolio. http://www.jambiekspres.co.id/index.php/guruku/4016-klinik-pendidikan-arti-dan-fungsi-portofolio.html. 29 Maret 2010.
Mahanal, Susriyati. 2007. Portofolio Sebagai Asesmen Otentik. http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/07/portofolio-sebagai-asesmen-otentik/. 29 Maret 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar